No announcement available or all announcement expired.
Home » BERITA BBWS-PJ » Workshop Fasilitasi Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak Dari Biaya Jasa Pengelolaan Sumber Daya Air (PNBP-BJPSDA)
Foto

Workshop Fasilitasi Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak Dari Biaya Jasa Pengelolaan Sumber Daya Air (PNBP-BJPSDA)

Untuk memperkecil perbedaan jumlah pasokan air yang relatif tetap dan kebutuhan air terus meningkat, perlu adanya alokasi air yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam pengelolaan sumber daya air. Untuk melaksanakan pengelolaan sumberdaya air diperlukan biaya yang memadai. Salah satu permasalahan pokok yang dihadapi oleh pemerintah untuk menghadapi tantangan dalam melaksanakan pengelolaan sumber daya air adalah adanya keterbatasan dana. Saat ini dana yang ada masih difokuskan pada infrastruktur, sedangkan dana operasi dan pemeliharaan masih sangat-sangat terbatas.

Sejalan dengan hal tersebut, Rabu (16/3) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Direktorat Bina Penatagunaan Sumber Sumber Daya Air, melaksanakan kegiatan Workshop Fasilitasi Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Biaya Jasa Pengelolaan Sumber Daya Air (BJPSDA) bertempat di Hotel Aryaduta, Jl. Somba OPU No.297, Makassar.

Kasubdit Kelembagaan, Triyono Tulus Setiawan, ST, M.Eng, mewakili Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Workshop Fasilitasi ini berdasarkan Pasal 14 ayat (2) dan (3) UU No. 11 Tahun 1974 tentang Pengairan, Pasal 37 ayat (1) dan Pasal 41 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 1982 tentang Tata Pengaturan Air, serta tatacara perhitungan dan penarikan iuran eksploitasi dan pemeliharaan bangunan pengairan ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Nomor 18/PRT/M/2015 tentang Iuran Eksploitasi Dan Pemeliharaan Bangunan Pengaira. Harapannnya, Peserta mampu untuk menghitung tarif biaya jasa pengelolaan SDA untuk keempat sektor pengguna SDA di wilayah sungai masing-masing, Peserta memiliki gambaran pemanfaatan PNBP-BJPSDA untuk diterapkan di BBWS/BWS, dan Peserta dapat menyusun proposal penggunaan PNBP-BJPSDA.

Kegiatan Workshop Fasilitasi Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak Dari Biaya Jasa Pengelolaan Sumber Daya Air (PNBP-BJPSDA) ini berlangsung dari tanggal 16 – 18 Maret 2016, Adapun para peserta yang hadir 41 orang dari 21 BBWS dan BWS.( SISDA )

Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup