No announcement available or all announcement expired.
Home » BERITA PU.NET » Waduk Jatigede Akan Diairi Awal Agustus 2015
7d2898c3630feea92ec1553d16389ff6_L

Waduk Jatigede Akan Diairi Awal Agustus 2015

Permasalahan dampak sosial telah selesai di Waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat, rencananya akan dilakukan pengisian air pada awal  Agustus 2015 mendatang.

“Pengisian air waduk  memerlukan waktu selama 7 bulan atau 219 hari “ kata Dirjen Sumber Daya Air PUPR Mudjiadi, akhir pekan lalu di Sumedang, Jawa Barat.

Dikatakan, Waduk Jatigede merupakan waduk terbesar kedua setelah Waduk Jatiluhur di Purwakarta yang memiliki daya tampung air sebesar 980 jta M3.

Menurutnya,  manfaat utama waduk Jatigede bisa mengairi persawahan hingga 90.000 hektar, sumber air baku dengan kecepatan 3,5 kubik per detik. Air baku ini bisa digunakan untuk kepentingan wilayah di Sumedang, Majalengka, hingga ke Cirebon.

Waduk Jatigede juga bermanfaat sebagai sumber tenaga bagi PLTA dengan kapasitas hingga 110 megawatt (MW), untuk objek pariwisata dan pengendalian banjir sebesar 14 ribu hektar dikawasan daerah tersebut.

“Termasuk Bandara Kertajati nantinya  pasokan air baku dari sini,” Ujar Mudjiadi

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung, Trisasongko Widiyanto mengatakan , Waduk ini mulai digagas di 1963, dan dimulai pembebasan lahannya pada 1982.

Desain pembangunan waduk ini dilakukan di 1988, dan disambung 20 tahun kemudian yaitu proses konstruksi di 2007. Proses pembangunan waduk ini terkendala masalah sosial, khususnya soal relokasi warga yang kena dampak pembangunan waduk.

Saat pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) lalu sudah dirumuskan kompensasi kepada warga yang terdampak proyek waduk terbesar ke-2 di Indonesia tersebut. Kompensasi yang akan diberikan kepada 11.469 Kepala Keluarga (KK) di lokasi proyek Waduk Jatigede adalah sekitar Rp 700 miliar.(jons)

 

Biro Komunikasi Publik

Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup