Home » BERITA BBWS-PJ » Penanaman Pohon untuk Kanal Saluran Bersih dan Sehat
GAMBAR 1

TIM JURI LOMBA PENJAGA POS HIDROLOGI TINGKAT NASIONAL, BERKUNJUNG KE POS DUGA AIR AWO, DI KAB. WAJO

Penjaga Pos Duga Air Awo dinobatkan sebagai nominasi 2 pada Perlombaan Penjaga Pos Hidrologi Tingkat Nasional beberapa bulan yang lalu, maka Awo dijadikan sebagai lokasi kunjungan Tim Juri dari Jakarta. Sebanyak 3 orang juri ditambah 1 orang selaku narasumber melihat langsung lokasi yang dimaksud. Acara berlangsung di Pos Duga Air Awo Kampung Jonga-Jonga, Desa Awota, Kecamatan Keera, Kab. Wajo. 19/09/18.

Seperti dipahami bahwa maksud Lomba Penjaga Pos Hidrologi di Tingkat Balai dan Nasional adalah mendapatkan bentuk kegiatan peran serta penjaga pos dalam pengelolaan hidrologi yang terbaik diantara para peserta pemilihan yang merupakan wakil dari penjaga pos yang umumnya berasal dari warga sekitar dibeberapa tempat di Indonesia. Adapun tujuannya adalah sebagai apresiasi pemerintah terhadap penjaga pos yang peduli terhadap data hidrologi. Selain itu, dapat pula memicu peningkatan peran serta penjaga pos secara keseluruhan bersama-sama pemerintah dalam kegiatan pengelolaan hidrologi.

Hasil Evaluasi Dewan Juri Tahap I dan Tahap II kepada Perwakilan BBWS Pompengan Jeneberang

 Setelah melalui proses panjang penilaian Lomba Penjaga Pos Hidrologi maka akhirnya Dewan Juri memutuskan sebagai berikut :

  • Pos Duga Air Sungai Awo Kab. Wajo , atas nama Andi Asri berada diposisi ke-2 dari 25 jumlah peserta, dengan total nilai 200.40
  • Pos Curah Hujan Biangkeke V Kab. Bantaeng, atas nama M. Nasrun berada pada posisi ke-7 dari 28 peserta, dengan total nilai 192.90
  • Pos Klimatologi Awangpone Kab. Bone, atas nama A. Rahayu berada diposisi ke-5 dari 20 jumlah peserta, dengan total nilai 194.00

Sebagai konsekuensi dan prestasi yang diraih Penjaga Pos Duga Air Awo yang berada diposisi ke-2 maka selanjutnya Tim Juri akan mengadakan kunjungan lapangan guna melengkapi nilai pada Tahap III.

Kunjungan Lapangan

 Kepala Seksi Pelaksanaan  Operasi & Pemeliharaan Pompengan Jeneberang, Ibu Ir. Yusma Elfita, M.Sc., mewakili Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang mengatakan bahwa air merupakan senyawa yang paling penting bagi kehidupan alam semesta, khususnya manusia. Air memberikan berbagai manfaat untuk kelangsungan makhluk hidup terutama manusia. Manfaat air bagi kehidupan sehari-hari manusia dirasakan secara langsung maupun tidak langsung. Ketersediaan air merupakan hal mutlak dan prasyarat keberlangsungan suatu peradaban. Namun keberadaan air sangat dipengaruhi oleh siklus hidrologi yang sangat dinamis. Dinamika perubahan kondisi ini merupakan hal yang wajib diamati, dicatat dan dihimpun, lalu kemudian diolah menjadi data dan infromasi hidrologi.

“Data hidrologi merupakan  data yang menjadi dasar dari perencanaan kegiatan pengelolaan sumber daya air (SDA) di wilayah sungai, seperti perencanaan bangunan irigasi, bangunan air, pengelolaan sungai, pengendalian banjir dan lain-lain. Oleh karena itu, data hidrologi perli dikelola ke dalam suatu sistem hidrologi agar tersedia informasi SDA yang akurat, benar dan tepat waktu bagi semua pihak yang berkepentingan. Analisis hidrologi merupakan parameter yang dominan dan memerlukan penanganan yang sangat cermat. Ketepatan dan kecermatan analisis mensyaratkan keakuratan data hidrologi itu sendiri”, sambung Elfita.

Elfita melanjutkan bahwa dalam rangka mewujudkan pengelolaan hidrologi dan kualitas air yang profesional, salah satu faktor yang sangat mempengaruhi adalah sumber daya manusia (SDM). Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penting karena satu-satunya sumber daya suatu lembaga yang bersifat unik karena memiliki akanl, perasaan, keinginan, karsa, kebutuhan, pengetahuan dan keterampilan, motivasi, karya dan prestasi dan sebagainya.

“salah satu maksud pemerintah melaksanakan kegiatan lomba penjaga pos hidrologi tingkat nasioanl adalah sebagai apresiasi kepada para penjaga pos yang peduli terhadap data hidrologi serta dapat memicu peningkatan peran serta penjaga pos secara keseluruhan bersama-sama pemerintah dalam kegiatan pengelolaan hidrologi di seluruh Indonesia”, lengkap Elfita mengakhiri sambutannya.

Setelah sambutan Kepala Seksi Pelaksanaan Operasi & Pemeliharaan Pompengan Jeneberang, Ibu Ir. Yusma Elfita, M.Sc., mewakili Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang selesai maka acara dilanjutkan dengan penilaian dan evaluasi langsung yang dilakukan oleh Tim Juri sebanyak 3 orang dan 1 selaku narasumber.

Penilaian kali ini, lebih banyak melihat langsung kondisi peralatan AWLR di Pos Duga Air Awo serta bertanya langsung kepada penjaga pos tentang seluk beluk pekerjaannya setiap hari. Di samping itu tim juri juga banyak menanyakan cara pengisian blangko yang harus diisi oleh Penjaga Pos. Setelah semua sesi kunjungan lapangan dilakukan maka Tim Juri dan rombongan meninggalkan tempat, bertolak menuju ke Kota Makassar.

Keesokan harinya, Kasubdit Hidrologi, Juri dan rombongan menyampaikan hasil evaluasi kunjungan lapangan Tim Juri Lomba Penjaga Pos Hidrologi Tingkat Nasional kepada Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, dalam hal ini diterima oleh Kepala Bidang Operasi & Pemeliharaan, Ibu Ir. Rini S. Harun, SP.1 (sisda)

Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup