Home » BERITA BBWS-PJ » Penanaman Pohon untuk Kanal Saluran Bersih dan Sehat
rbo 1

Sosialisasi & Evaluasi RBO di Lingkungan BBWS Pompengan Jeneberang

Pengelolaan sumberdaya air di Indonesia menghadapi persoalan yang sangat kompleks, mengingat disamping air mempunyai beberapa fungsi sosial budaya, ekonomi dan lingkungan yang masing-masing dapat saling bertentangan, juga interaksi ruang yang terbatas dan tidak terbarukan memunculkan dimensi persoalan baru yaitu pemanfaatan SDA dan pemanfaatan ruang untuk kehidupan manusia.

Dengan terjadinya perubahan iklim global, semakin meningkatnya jumlah penduduk dan intensitas kegiatan ekonomi, telah mengancam ketersediaan air yang ada. Pembukaan lahan guna keperluan perluasan daerah pertanian, perkebunan, pemukiman dan industri, yang tidak mengindahkan peraturan, juga tidak terkoordinasi dengan baik dalam suatu kerangka pengembangan tata ruang, telah mengakibatkan terjadinya degradasi lahan, erosi, tanah longsor, banjir.Perkembangan kawasan perkotaan yang sangat pesat, telah mengakibatkan terjadinya peningkatan konflik antara para pengguna air baik untuk kepentingan rumah tangga, pertanian dan industri, termasuk penggunaan air permukaan dan air bawah tanah di perkotaan. Disamping itu, akibat perkembangan kawasan perkotaan yang sangat cepat tersebut menyebabkan meningkatnya pencemaran dan perusakan lingkungan, termasuk oleh limbah bahan berbahaya beracun (B3), sehingga struktur dan fungsi ekosistem yang menjadi penunjang bagi kehidupan masyarakat menjadi rusak. Pencemaran pada sumber-sumber air tersebut akan menjadi beban sosial, yang pada akhirnya masyarakat dan pemerintah harus menanggung biaya pemulihannya. Berdasar pada permasalahan tersebut, perlu diwujudkan pengelolaan sumber daya air yang terpadu

rbo 2Pada tanggal 23/05/2016 bertempat di hotel d.Maleo Makassar BBWS Pompengan Jeneberang melalui PPK OP SDA I melakukan kegiatan Sosialisasi dan Evaluasi River Basin Organization (RBO) / Performance  Benchmarking.

Dalam Sambutanya Kepala Balai BBWS Pompengan Jeneberang yang diwakili oleh Ir. Rini Harun, Sp.1 mengatakan, Penyelenggaraan Sosialisasi yang kita laksanakan ini pada dasarnya bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang tugas badan pengelolaan SDA dan fungsi BBWS Pompengan Jeneberang terkait kinerja organisasi dalam melaksanakan pengelolaan SDA yang meliputi Perencanaan, Pelaksanaan Konstruksi, Operasi dan Pemeliharaan SDA, Pendayagunaan Sumber Daya Air dan Pengendalian Daya Rusak Air pada Wilayah Kerja BBWS Pompengan Jeneberang.

Dalam paparanya Dra. Salmi MM, menjelaskan visi dan misi Evaluasi River Basin Organization (RBO) yaitu terwujudnya pengenalan pemanfaatan SDA yang berkelanjutan untuk masyrakat dan dijelaskan pula tugas tugas Pokok BBWS Pompengan Jeneberang, apaka sudah sesuai dengan penyerapan dengan outcan yang di hasilkan, apakah Pelanggan Puas dengan kinerja BBWS Pompengan Jeneberang, dan bagaimana kinerja BBWS Pompengan Jeneberang yang nantinya akan di masukkan ke 15 Indikator  nanti.

Acara ini di hadiri oleh jajaran  Dinas PSDA Prov. Sul Sel, Kepala Satker, Kepala Bidang, PPK dan Kepala Seksi dilingkup BBWS Pompengan Jeneberang, Para Narasumber dan para  peserta undangan sosialisasi. ( SISDA )

Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup