Home » BERITA BBWS-PJ » Penanaman Pohon untuk Kanal Saluran Bersih dan Sehat
K640_IMG_5956

SOSIALISASI DAN PEMBAHASAN DOKUMEN RENCANA PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR DAN RAPAT POKJA & SIDANG KOMISI TKPSDA WS WALANAE CENRANAE

Berdasarkan UU Nomor 11 tahun 1974 tentang Pengairan, PERMEN PUPR Nomor 10/PRT/M/2015 tentang Rencana dan Rencana Teknis dan Tata Pengairan, dan PERMEN PU Nomor 02/PRT/M/2013 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Pengelolaan Sumber Daya Air, kemudian berdasarkan Keputusan Menteri PUPR No. 591/KPTS/M/2016 tentang Perpanjangan Sementara Keanggotaan Tim Koordinasi Pengeolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) WS Walanae Cenranae, Selasa (16/10) digelar Sosialisasi dan Pembahasan Rencana Pengelolaan Sumber Daya Air (RPSDA) dan Rapat POKJA dan Sidang Komisi TKPSDA Wilayah Sungai Walanae Cenranae. Bertempat di Hotel Dalton, Makassar.

Enos Palamba, mewakili Ketua Tim TKPSDA WS Walanae Cenranae dalam sambutannya menyampaikan sebagaimana yang telah diatur dalam UU Nomor 11 tahun 1974 tentang Pengairan serta PERMEN PUPR Nomor 10/PRT/M/2015 tentang Rencana dan Rencana Teknis dan Tata Pengairan yang bertujuan menjamin terselenggaranya tata pengaturan air dan tata pengairan yang baik pada setiap WS guna mewujudkan kemanfaatan sumber daya air yang berkelanjutan disegala bidang kehidupan.

Tindak lanjut dari kegiatan ini akan dibahas didalam Sidang Komisi dan Pleno TKPSDA WS Walanae Cenranae dengan harapan dapat memberikan masukan untuk Rencana Pengelolaan Sumber Daya Air (RPSDA) WS Walanae Cenranae yang diatur dalam Keputusan Menteri PUPR No, 90/KPTS/M/2018 untuk jangka waktu 20 tahun kedepan dimana setiap 5 tahun dapat dievaluasi dan ditinjau kembali. Harapannya, kepada semua anggota TKPSDA dapat memberikan masukan dan menjadi lampiran bahan evaluasi dalam setiap tahun, jelasnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan dokumen RPSDA oleh Nurmiah, Kepala Seksi Perencanaan umum BBWS Pompengan Jeneberang. Dokumen RPSDA WS Walanae Cenranae dimaksudkan untuk membuat kerangka dasar dalam pengelolaan SDA dan kesepakatan tentang pembagian tugas antara semua pemangku kepentingan. Sedangkan tujuannya adalah sebagai Rancangan Rencana Pengelolaan Sumber Daya Air di WS Walanae Cenranae, diantaranya Rencana Pengelolaan Bidang Konservasi SDA, Rencana Pengelolaan Bidang Pendayagunaan SDA, dan Rencana Pengelolaan Bidang Pengendalian Daya Rusak Air.

Peserta yang hadir dalam acara ini sejumlah 20 orang berasal dari anggota tim TKPSDA WS Walanae Cenranae. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini, dari tanggal  16 – 18 Oktober 2018 mengagendakan diantaranya, Rapat POKJA dan Pembahasan Rencana Pengelolaan SDA WS Walanae Cenranae, Sidang Pleno Pendayagunaan Kelembagaan Komisi Irigasi Provinsi Sulawesi Selatan, dan Rapat Pleno Pengelolaan SIH3 pada WS Walanae Cenranae. (SISDA)

Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup