Home » BERITA BBWS-PJ » Penanaman Pohon untuk Kanal Saluran Bersih dan Sehat
image001

RAPAT KOORDINASI TIM KAJIAN PENETAPAN GARIS SEMPADAN SUNGAI TALLO

Senin (21/11) PPK O & P I mengadakan rapat koordinasi tim kajian penetapan garis sempadan sungai tallo ruas Kota Makassar dan ruas Kab. Maros, Bertempat di hotel D’Maleo, Jalan Pelita Raya VIII No. 1, Makassar.

Daerah Aliran Sungai Tallo berada pada Wilayah Sungai Jeneberang dimana W.S Jeneberang merupakan W.S Strategis Nasional sesuai dengan Permen No. 04/ PRT/ M/ 2015 Tentang Kriteria Penetapan Wilayah Sungai,  yang mana pengelolaannya oleh Pemerintah Pusat, maka Penetapan Garis Sempadan diupayakan untuk dapat segera ditetapkan garis sempadannya sesuai amanat Permen PU sebagaimana diatas. Sesuai dengan tahapan penetapan garis sempadan sungai maka hal itu dilakukan terlebih dahulu oleh Tim Kajian Sempadan Sungai

Berdasarkan surat keputusan menteri PUPR nomor 613/KPTS/M/2016 tentang pembentukan tim kajian penetapan garis sempadan sungai di ruas sungai tallo Kota Makassar dan ruas sungai tallo Kab. Maros pada W.S Jeneberang, dan melaksanakan amanah peraturan menteri PUPR no. 28/PRT/M/2015, tentang penetapan garis sempadan sungai dan sempadan danau.

Kepala BBWS Pompengan Jeneberang, Agus Setiawan dalam sambutannya mengatakan sempadan sungai merupakan penyangga antara ekosistem perairan (sungai) dan daratan. Zona ini umumnya didominasi oleh tetumbuhan atau lahan basah. Tetumbuhan tersebut berupa rumput, semak, ataupun pepohonan sepanjang tepi kiri dan/atau kanan sungai, namun karena ketidakpahaman tentang fungsinya yang sangat penting, umumnya di perkotaan, sempadan tersebut menjadi hilang didesak oleh peruntukan lain. Harapannya, mari kita sama-sama menjaga sungai dan memelihara nya dengan baik.

Pembentukan SK tim kajian penetapan garis sempadan Sungai Tallo turut melibatkan instansi terkait Pemerintah Kota Makassar sebagai tim teknis ruas Sungai Tallo pada kota Makassar dan instansi terkait Pemerintah Kab. Maros sebagai tim teknis ruas Sungai Tallo di Kab. Maros.(SISDA)

Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup