No announcement available or all announcement expired.
Home » Profil » Visi dan Misi

Visi dan Misi

VISI :

Terwujudnya kemanfaatan SDA yang berkelanjutan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

MISI :

Konservasi SDA yang berkelanjutan

Penyelenggaraan Misi ini dimaksudkan untuk mempertahankan dan pemeliharaan keberadaan, sifat dan fungsi SDA sehingga dapat lebih dijamin ketersediaan air baik kuantitas dan kualitas untuk memenuhi berbagai kebutuhan secara berkesinambungan. Misi ini diupayakan melalui berbagai aktivitas pemulihan dan peningkatan ketersediaan air baik kuantitas maupun kualitas, serta pemeliharaan daya dukung lingkungan SDA.

Pendayagunaan SDA yang adil untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat yang memenuhi kualitas dan kuantitas

Pendayagunaan SDA meliputi berbagai upaya seperti penatagunaan, penyediaan, penggunaan, pengembangan dan pengusahaan SDA untuk memenuhi kebutuhan air berbagai sector yakni Domestik, Pertanian, Perkotaan, Industri dan Kelistrikan, Pariwisata serta Lingkungan. Dengan Misi ini diharapkan dapat terwujud kemanfaatan air yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat secara adil dan merata.

Pengendalian Daya Rusak Air

Misi ini dimaksudkan untuk mengurangi dan menanggulangi resiko bencana banjir, bencana lahar dingin, kekeringan, tanah longsor, abrasi pantai yang menimpa daerah produksi pertanian, industri, permukiman dan prasarana fisik yang kesemuanya merupakan dampak dari daya rusak air. Upaya-upaya yang dilaksanakan dalam rangka misi ini meliputi aktivitas-aktivitas pencegahan, pengendalian dan penanggulangan daya rusak air baik yang bersifat structural (fisik) maupun non structural (nonfisik).

Pemberdayaan dan Peningkatan peran masyarakat,swasta dan pemerintah dalam pengelolaan dan pembangunan Sumber Daya Air.

Selain Pemerintah dan para pelaku di Bidang SDA yang lain seperti Swasta dan Masyarakat, harus lebih diberdayakan dan ditingkatkan efektifitas, efisiensi, produktifitas dan keadilan alam Pembangunan SDA dapat tercapai.

Peningkatan keterbukaan dan ketersediaan data serta informasi dalam pengelolaan

Sebagai bagian upaya untuk mendorong demokratisasi dalam pengelolaan SDA, keterbukaan dalam proses pengelolaan SDA dalam setiap tahap perlu ditingkatkan. Untuk ini harus tersedia akses yang seluas-luasnya bagi para pelaku untuk ikut berperan dalam program-program dalam pengelolaan SDA yang dilaksanakan. Hal ini perlu di dukung oleh ketersediaan data dan informasi tentang SDA termasuk data dan informasi hidrologi yang lebih memadai, akurat, tepat waktu dan berkelanjutan.

Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup