No announcement available or all announcement expired.
Home » BERITA BBWS-PJ » Pertemuan Konsultan Masyrakat (PKM) Rencana Pembangunan Bendungan Boya di Kab. Sidrap dan Enrekang
image001

Pertemuan Konsultan Masyrakat (PKM) Rencana Pembangunan Bendungan Boya di Kab. Sidrap dan Enrekang

Rencana Pembangunan Bendungan Boya yang terletak di dua kabupaten, yakni kabupaten Sidrap dan kabupaten Enrekang mendapat penolakan dari warga kecamatan Maiwa Kabupaten  Enrekang yang terkena dampak pembangunan bendungan ini. Warga menentang adanya pembangunan ini dikarenakan beredar informasi yang simpang siur terkait lokasi area yang terkena dampak.

BBWS Pompengan Jeneberang difasilitasi oleh pemerintah kabupaten Enrekang mengadakan kegiatan Pertemuan Konsultasi Masyarakat (PKM) sosialisasi rencana pembangunan bendungan boya. Bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Bupati Enrekang, Jalan Buttu Juppandang, No. 83, Kabupaten Enrekang.

Wakil Bupati Enrekang dalam sambutannya menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan sosialisasi ini adalah untuk menyampaikan informasi rencana pembangunan Bendungan boya ini. Selain itu, mengklarifikasi adanya isu atau informasi yang simpang siur yang beredar di masyarakat. Sehingga permasalahan yang terjadi dapat terselesaikan dengan baik.

Dalam pemaparannya, Affandi Kahar selaku PPK Perencanaan dan Program Satker BBWS Pompengan Jeneberang menyampaikan rencana pembangunan Bendungan Boya ini sudah melalui beberapa tahap, mulai dari Feasibility Study, Kajian AMDAL, Ijin Prinsip, model test Bendungan, dan sekarang memasuki tahap Studi larap, setalah studi larap, amasuk pada proses dokumen perencanaan lahan, penetapan lokasi, pembebasan lahan, sertifikasi desain, pembangunan konstruksi bendungan. “ proses ini masih panjang, studi larap sendiri bertujuan menentukan lokasi titik daerah genangan, wajar bila terjadi simpang siur di masyarakat mengenai letak daerah genangan karena masih bersifat studi, setelah selesai studi larap ini besar kemungkinan titik daerah genangan tidak akan berubah. Terkecuali ada hal yg mendesak sehingga kami harus mereview studi larap ini.”ucapnya.

Pada kesempatan ini, BBWS Pompengan Jeneberang menyampaikan lokasi daerah genangan yang sudah ditentukan, yaitu untuk wilayah Kabupaten Enrekang berada di Dusun Paraja, Dusun Jambu, Desa Tuncung, Dusun Tenteng, Dusun Betao sedangkan untuk wilayah Kabupaten Sidrap berada di Desa Kalempa dan Dusun Paraja Seberang. BBWS Pompengan Jeneberang juga sudah menyiapkan rencana daerah relokasi untuk masyarakat yang terkena dampak pembangunan bendungan boya ini.

Spesifikasi rencana pembangunan bendungan ini, yakni

Tipe Bendungan                                  :  Type Zonal

Tinggi bendungan                               :   45,00 meter

Panjang bendungan                            :    415,00 meter

Luas daerah genangan                       :    636,00 Ha

Tampungan total waduk                     :     97,45 juta m3

Tampungan efektif waduk                  :      66,15 juta m3

Volume sedimen (Tampungan Mati) :      0,92 juta m3

Debit banjir rencana PMF                  :      3.108,94 m3/dt

PLTA (energi tahunan)                        :      2.06 MW

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Kab. Enrekang, HM. Amiruddin, Ketua dan anggota DPRD Kab. Enrekang, Pejabat Daeah Pemerintah Kab. Enrekang, Kepala Dinas PSDA Kab. Sidrap. (SISDA)

 

Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup