Home » BERITA PU.NET » Peringatan Hari Ibu Ke 87 di Kementerian PUPR
ibu

Peringatan Hari Ibu Ke 87 di Kementerian PUPR

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-87  di Lapangan Kementerian PUPR, Jakarta Selasa (22/12). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia  (BPSDM), Anita Firmanti. Peringatan Hari Ibu tahun  ini mengangkat tema “Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki dalam Mewujudkan Lingkungan yang Kondusif untuk Perlindungan Perempuan dan Anak”.

Dalam sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak yang dibacakan Anita Firmanti disampaikan bahwa peringatan hari ibu bertujuan untuk mengenang kembali momen sejarah perjuangan perempuan Indonesia.

“PHI setiap tahun diselenggarakan semata-mata hanya untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, yang turut andil berjuang meraih kemerdekaan dan kemajuan bangsa. Inilah yang digemakan dalam Kongres Perempuan Indonesia 22 Desember 1928 di Yogyakarta,”tegas Kepala BPSDM Kementerian PUPR.

Peringatan Hari Ibu dinilai telah mengilhami semangat untuk mewujudkan persamaan peran dan kedudukan antara perempuan dengan kaum laki-laki sebagai mitra sejajar yang turut menentukan keberhasilan pembangunan. Ini membuktikan bahwa perempuan apabila diberi peluang dan kesempatan juga mampu sebagai agent of change (motor penggerak dan motor perubahan) di semua bidang pembangunan dan menjawab tantangan global dan multi dimensi.

Perempuan Indonesia saat ini seperti halnya kaum laki-laki memiliki hak dan kewajiban serta kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan  sesuai dengan aspirasi dan kebutuhannya.

“Harus diakui banyak keberhasilan dan kemajuan yang dicapai oleh kaum perempuan. Ironisnya, kondisi perempuan dan juga anak sebagai kelompok masyarakat terkadang rentan terhadap berbagai kekerasan, eksploitasi dan perlakuan diskriminatif lainnya,”ungkap Anita Firmanti.

Menyikapi maraknya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak akhir-akhir ini. Pemilihan tema sangat cocok guna menyadarkan kepada semua pemangku kepentingan tentang pentingnya menciptakan lingkungan yang kondusif untuk melindungi perempuan dan anak dari berbagai bentuk kekerasan. (Sony)

Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup