Home » BERITA BBWS-PJ » PENGALIRAN PERDANA INTAKE BENDUNG TABO – TABO KAB. PANGKEP
gubernur

PENGALIRAN PERDANA INTAKE BENDUNG TABO – TABO KAB. PANGKEP

Rabu (24/2) Gubernur Sulsel, DR. H.S yahrul Yasin Limpo, SH., M.Si.,MH, Meresmikan Bendung Tabo-Tabo Kab. Pangkep, yang telah selesai di rehabilitasi

Turut hadir dalam acaa tersebut Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sulsel, Andi Darmawan Bintang, mengatakan, proyek peningkatan Bendung Tabo-tabo Kabupaten Pangkep merupakan tanggung jawab Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang dan dikerjakan PT Bumi Karsa sebagai kontraktor pelaksana. “Pekerjaan ini untuk mengembalikan fungsi Bendung agar dapat mengairi areal irigasi sebagaimana sebelum terjadi kerusakan,” kata Darmawan, di sela-sela acara peresmian.

Ia menjelaskan, luas potensial Bendung Tabo-tabo mencapai 7.483 hektare. Sedangkan, luas fungsionalnya 6.815 hektare.

Sementara, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, dalam sambutannya menuturkan, pada tahun 2013 terjadi banjir besar yang mengakibatkan tanggul banjir, sebelah kiri Bendung jebol dan air sungai mengalir melalui sebelah kiri bendung dan tidak dapat lagi masuk ke saluran irigasi. Sehingga, dilakukan tindak darurat dengan membuat tanggul sementara menggunakan kantong pasir yang pada bagian luarnya diperkuat dengan bronjong.

“Bangunan tanggul sementara berfungsi baik dan musim tanam 2013 berhasil. Tetapi, pada awal Januari 2014 terjadi lagi banjir sehingga kondisi bendung makin parah, jebol bahkan hancur. Inilah kita perbaiki dan teknisnya juga semakin bagus. Sekarang sudah ada speel way sehingga air mengalir dengan baik”.

Gubernur berharap, Bendung Tabo-tabo bisa menjadi sumber air rakyat hingga 50 tahun atau 100 tahun ke depan. ia pun berpesan agar penjaga pintu air mengatur air dengan baik. Ia juga meminta agar Pemerintah Kabupaten Pangkep membuat tambak untuk budidaya ikan bahkan hingga tempat wisata.

“Acara ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Prop Sul-Sel, Bupati Pangkep, Ketua DPRD Kab. Pangkep dan Unsur Muspida Prop. Sul – Sel dan Kab. Pangkep (SISDA)

Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup