Home » BERITA BBWS-PJ » PENCANANGAN BENDUNGAN PAMUKKULU
Pencanangan

PENCANANGAN BENDUNGAN PAMUKKULU

Gubernur Prov. Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo meresmikan pencanangan pembangunan Bendungan Pamukkulu di Desa Kale Ko’mara, Kecamatan Polobangkeng Utara, Kab. Takalar, Prov. Sulawesi selatan, Kamis (2/2). Bendungan pamukkulu merupakan salah satu dari empat Bendungan yang sementara dibangun oleh BBWSPompengan Jeneberang, yakni ; Bendungan Passeloreng Kab. Wajo, Bendungan Karalloe Kab. Gowa, Bendungan Baliase Kab. Luwu Utara, dan Bendungan Pamukkulu Kab Takalar.

Dalam pidatonya, Gubernur Prov. Sulawesi Selatan menyampaikan agar pembangunan Bendungan Pamukkulu ini dapat berjalan lancar, proses pembebasan lahan bisa cepat selesai tanpa mengalami hambatan. Sejauh ini, hampir tidak ada masalah dengan warga yang lahannya akan menjadi lokasi Bendungan karena persiapan dan perencanaan dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Harapannya, Konstruksi Bendungan mulai terlihat tahun depan. Kehadiran bendungan ini dapat menunjang ketahanan pangan Nasional, menambah lahan sawah baru, dan meningkatkan produktivitas tanam hingga 250 persen.

Agus Setiawan, Kepala BBWS Pompengan Jeneberang menyampaikan saat ini Prov. Sulawesi Selatan memiliki potensi ketersediaan air baku sebanyak 71 Miliar3 pertahunnya. Namun yang baru dapat dimanfaatkan sekitar 30 persen. Bendungan Pamukkulu akan menjadi salah satu upaya pemanfaatan sumber daya air yang cukup besar. Pembangunan Bendungan dan sistem pengairan menjadi salah satu cara untuk memanfaatkan potensi ini, terutama untuk mendukung ketahanan pangan.

Mengenai relokasi warga yang terkena lokasi Bendungan, plt Bupati Takalar Andi Darmawan Bintang mengungkapkan pembangunan Bendungan dengan luas lahan 640 Hektare inisetidaknya ada 240 Kepala Keluarga di empat dusun desa Kale Ko’mara, desa Ko’mara akan direlokasi, sementara mencari tempat yang sesuai. Sejauh ini, masyarakat sudah menerima lahan mereka yang akan dijadikan proyek bendungan,” ujarnyanya. Saat ini sudah ada 75 hektar lahan yang sudah siap untuk dibayarkan, dan 25 hektar masih dalam pembahasan karena merupakan bagian dari hutan lindung.

Berdasarkan rancangan, luas genangan pada bendungan pamukkulu seluas 4,1 km2 dengan daya tampung maksimum 81,3 juta meter3, tinggi bendungan mencapai 62 meter dengan panjang 807 meter dan lebar 10 meter. Dengan spesifikasi tersebut, bendungan pamukkulu ini akan mengairi lahan persawahan seluas 6.430 hektar pada tiga daerah irigasi, yaitu Pammukulu, Dinggau dan Jenemarung. Selain itu bendungan juga akan menjadi sumber air baku dengan kapasitas hingga 133 L/dt dan sumber tenga mikrohidro berkapasitas 2,5 MW.

Kegiatan pencanangan ini dihadiri oleh Gubernur Prov. Sulawesi selatan, Syahrul Yasin Limpo, Kepala Pusat Bendungan, Ni Made Sumiarsih, Kepala Bidang Bendungan Wilayah Timur, Mathius Tangyong Kepala Dinas PSDA (Plt Bupat Takalar), Andi Darmawan Bintang, Kepala BBWS Pompengan Jeneberang, Agus Setiawan, Pejabat Pemerintah Daerah yang terkait, dan Tokoh Masyarakat setempat. (SISDA)

Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup