No announcement available or all announcement expired.
Home » BERITA BBWS-PJ » PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJASAMA BBWS POMPENGAN JENEBERANG DAN TNI KODAM XIV HASANUDDIN
FB_IMG_1534834445820

PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJASAMA BBWS POMPENGAN JENEBERANG DAN TNI KODAM XIV HASANUDDIN

Pengelolaan sumber daya air dan ketahanan pangan selama ini memang merupakan salah satu tantangan utama yang kita hadapi. Dimana Perubahan iklim yang disebabkan oleh pemanasan global telah berdampak pada cuaca, termasuk perubahan pada pola suhu udara, curah hujan, dan aliran sungai yang menyebabkan banjir, kekeringan, dan gelombang panas yang menimbulkan dampak lanjutan bagi manusia.
Seperti pada saat musim penghujan yang siklusnya sudah mulai berubah dan bila turun hujan dengan intensitas yang cukup besar sehingga menyebabkan air yang tergenang dikawasan perkotaan semakin tinggi dan bila tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan banjir yang susah untuk dikendalikan lagi.
Guna mengantisipasi permasalahan tersebut, salah satu upaya mendukung Pelestarian Sumber Daya Air yaitu dengan melakukan kegiatan pemeliharaan fungsi kanal dan saluran yang ada di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.
Selasa (21/8) bertempat di Baruga Syech Yusuf KODAM XIV Hasanuddin, telah dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara BBWS Pompengan Jeneberang dengan TNI KODAM XIV HASANUDDIN untuk kegiatan Pemeliharaan Kanal dan Saluran di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.
FB_IMG_1534827480075Kepala BBWS Pompengan Jeneberang, Ir. T. Iskandar, MT. dalam sambutannya menyampaikan Sistem Drainase Kota Makassar dan Kabupaten Gowa mewakili 3 kanal dengan panjang total 15,8 Km, 3 saluran Drainase dengan panjang total 16,95 Km, dan 1 sungai penghubung pampang dengan total panjang keseluruhan 32,75 km. Perjanjian kerjasama untuk Tahap I ini adalah Pemeliharaan Saluran Gowa sepanjang 4,23 Km dan Saluran Perumnas sepanjang 1,5 Km serta melakukan sosialisasi di Kanal dan Saluran yang menjadi kewenangan BBWS Pompengan Jeneberang. Sedangkan Untuk rencana pekerjaan Tahap II Tahun Anggaran 2018 adalah Pemeliharaan Saluran Pampang sepanjang 5,22 Km serta melakukan Sosialisasi di Kanal dan Saluran yang menjadi kewenangan BBWS Pompengan Jeneberang.
Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjend TNI Surawahadi S.I.P., M.Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. Tujuan kegiatan Perjanjian kerjasama ini diharapkan dapat mewujudkan pelestarian fungsi dan manfaat kanal dan saluran beserta tampungannya, dan terpeliharanya keberadaan kanal dan saluran, terhadap kerusakan atau gangguan yang disebabkan oleh daya alam maupun tindakan manusia. Dan dengan kerjasama ini dapat membangun kesepahaman antara TNI KODAM XIV Hasanuddin dan BBWS Pompengan Jeneberang, serta komitmen semua pihak di dalam pengelolaan sumber daya air dapat membangun kebersamaan dalam mewujudkan Kota Makassar dan Kabupaten Gowa tidak rantasa atau bersih dan bebas dari ancaman banjir.
Direktur Bina O & P, Dirjen SDA, Ir. Agung Djuharto. CES, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini dalam rangka untuk menjaga keberlangsungan dan keberlanjutan infrastruktur sumber daya air. Selain itu, Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membangun kebersamaan dan solidaritas disetiap pengambil keputusan dalam pengelolaan sumber daya air di Provinsi Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar dan Kabupaten Gowa terutama dalam penyelamatan fungsi kanal dan saluran. Harapannya agar kerjasama ini akan berlanjut terus meski pejabatnya berubah atau terganti baik dari BBWS Pompengan Jeneberang ataupun dari TNI KODAM XIV Hasanuddin, sehingga Kanal dan Saluran menjadi bersih dan tertata dan sesuai pada fungsinya.
Turut hadir kegiatan Perjanjian Kerjasama ini, Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen Surawahadi, S.I.P., M.Si, beserta jajaranya, Direktur Bina O & P, Dirjen SDA Kementerian PUPR, Ir. Agung Djuharto. CES, Kepala BBWS Pompengan Jeneberang, Ir. T. Iskandar, MT, beserta jajarannya, Walikota Makassar, Ir. Danny Pomanto, dan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo, S.H.(SISDA)

Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup