Home » BERITA BBWS-PJ » Penanaman Pohon untuk Kanal Saluran Bersih dan Sehat
Karalloe_TTD

PENANDATANGAN KONTRAK PAKET PEKERJAAN PEMBANGUNAN BENDUNGA KARALLOE TAHAP II KABUPATEN GOWA

Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang melakukan penandatanganan kontrak paket pekerjaan Pembangunan Bendungan Karalloe tahap II, Kabupaten Gowa. bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Prov. Sulawesi selatan, Senin, (28/5).

Pejabat Gubernur Prov. Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono menyaksikan langsung penandatangan yang dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bendungan Karalloe Mukhlisun, General Manager PT. Nindya Karya (Persero) Area Sulawesi dan Papua, Firmansyah, dan Konsultan Supervisi PT.  Widya Graha Hasana Adi,  Sarwoko. Turut hadir menyaksikan penandatanganan, Direktur Pengembangan Jaringan Sumber Daya Air (PJSDA) Ditjen SDA, Widianto Tri Sasongko, Kepala BBWS Pompengan dan Jeneberang, T. Iskandar, Kepala Dinas SDA, Cipta Karya dan Tata Ruang Prov. Sulawesi Selatan, Andi Darmawan Bintang dan Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis.

Paket Pekerjan Pembangunan Bendungan Karalloe Tahap II akan dikerjakan oleh PT. Nindya Karya (Persero) KSO, PT. Rezeki sedangkan untuk supervisi akan dikerjakan oleh PT. Widya Graha Asana JO, PT. Catur Bina Guna Persada, dan PT. Bintang Tirta Pratama,  dengan lama pengerjaan 720 hari.

Kepala BBWS Pompengan Jeneberang dalam laporannya menyampaikan, Penandatanganan kontrak pembangunan bendungan karalloe tahap II ini merupakan bagian atau satu kesatuan dari paket yang telah terkontrak sebelumnya pada bulan desember 2013. Pembangunan Bendungan Karalloe Paket II ini meliputi Pekerjaan Timbunan dan Beton (Bendungan Utama) dengan volume ± 1,6 juta m3 membutuhkan 14 bulan pelaksanaan, Pekerjaan Bangunan Pengambilan (Intake), dan Mekanikal dan Elektrikal. Sedangkan untuk pekerjaan tahap I, progress terkahir sampai dengan saat ini, sebesar 53,3 % dari rencana 44,2 %, terdapat deviasi 9 %, 3. Dimana saat ini sudah diselesaikan pekerjaan terowongan sepanjang 595 meter dengan kapasitas 385 m3/detik, dan sedang dalam pelaksanaan bangunan spillwaynya.

Direktur menyampaikan Kementerian PUPPR Ditjend SDA akan senantiasa berupaya dan  bekerja keras dalam mendukung upaya intensitifikasi pertanian dengan membangun sarana dan prasaranana pengairan, untuk mengairi area persawahan serta pengembangan jaringan pada daerah irigasi. Jumlah bendungan yang ada di seluruh Indonesia saat ini sekitar 284 buah, masih dirasa belum cukup, mengingat area pertanian di wilayah Indonesia sangat luas dan potensinya cukup besar. Potensi air permukaan Wilayah provinsi Sulawesi selatan kurang lebih sebesar 71 milyar kubik per tahun dan belum dapat dimanfaatkan secara maksimal, untuk itu kita berupaya semaksimal mungkin potensi air tersebut dengan membangun infrastruktur pengairan sebagai tempat penampungan air berupa waduk, embung, dan sarana lainnya. Pembangunan bendungan karalloe ini masuk dalam proyek strategis nasional (PSN) berdasarkan PERPRES No.58 Tahun 2017, untuk mewujudkan rencana pembangunan beberapa bendungan tersebut butuh tekad dan komitmen yang tinggidari semua pihak serta duikungan dari pemerintah pusat, daerah serta masyarakat demi meningkatkan kesejahteraan

Penjabat Gubernur Sulsel Sumarsono mengatakan, dalam kontrak kedua ini, tugas Pemprov adalah menentukan penetapan lokasi (penlok) untuk proyek seluas 14,11 hektare. “Untuk penetapannya kita akan kunjungan ke sana dulu, yang kedua kita mensupervisi semua proses pengerjaan ini bersama pemerintah pusat, untuk memastikan bahwa Nindya Karya ini melaksanakan tugasnya dengan baik. Dan berikutnya kita juga memfasilitas pemerintah daerah dalam dialogis regionalnya.

Dari proyek ini, Kabupaten Gowa menjadi lokasinya, sedangkan lokasi pemanfaatannya di Kabupaten Jeneponto. Bagi Sumarsono, Gowa juga harus mendapatkan manfaat sebesar-besarnya. Dalam konteks optimalisasi fungsi antara kabupaten ini, baik Gowa, Jeneponto dan Pemerintah Provinsi Sulsel juga perlu terlibat “Ini harus memberikan manfaat yang besar untuk kabupaten, harus ada komunikasi yang lebih intensif, mumpung masih tahapan pembangunan,” harapnya. (SISDA)

Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup