Home » BERITA BBWS-PJ » Penanaman Pohon untuk Kanal Saluran Bersih dan Sehat
DSC05821-3000x1688-2250x1266

Penanaman Pohon untuk Kanal Saluran Bersih dan Sehat

Kota Makassar dan Kabupaten Gowa mempunyai Waduk tunggu Pampang yang berfungsi sebagai pengendali banjir, dengan kapasitas tampungan 1.1 jt m3. selain itu, dengan total panjang Kanal dan saluran 34,05 Km, terdiri dari 3 Kanal, Kanal Pannampu, Kanal Jongaya, Kanal Sinrijala, dan 4 Saluran, Saluran Perumnas, Saluran Pampang, Saluran Gowa, Saluran Antang, serta 1 Sungai, Sungai Pampang. total kapasitas tampungan sebesar 351,09 m3/detik, dan mampu mereduksi debit banjir sebesar 353,58 m3/detik. Berdasarkan data tersebut, Kota Makassar dan Kabupaten Gowa seharusnya terhindar dari Banjir namun kenyataannya, pada musim penghujan datang, kerap terjadi banjir.

Dalam upaya melestarikan lingkungan dan menjadikan Kanal, Saluran serta area sekitar Waduk menjadi lebih baik agar tetap terpelihara dan berfungsi dengan baik, BBWS Pompengan Jeneberang menyelenggarakan acara Penanaman Pohon dalam rangka memperingati Hari Bakti PU ke -73 Tahun 2018 yang jatuh pada tanggal 3 Desember akan datang. Bertempat di sekitar Waduk Tunggu Pampang, Rabu (28/11).

Dalam sambutannya, Kepala BBWS Pompengan Jeneberang mengajak dan mengharapkan peran serta seluruh komponen, baik dari Pemerintah Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Stakeholder dan Masyarakat di sekitar Kanal dan Saluran untuk dapat menumbuhkan kebersamaan dalam menjaga, mengelola lingkungan, memelihara sarana dan prasarana berupa Kanal dan Saluran agar dapat membantu terpelihara Kanal dan Saluran sesuai dengan fungsinya sebagai pengendalian banjir Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.

Wakil Gubernur, Andi Amran Sulaiman dalm sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap Kepala BBWS Pompengan Jenberang atas kinerjanya selama ini, kedepan diharapkan dapat terwujudnya sinergitas antara mulai dari Balai, Dinas SDA, Cipta Karya, dan Tata ruang, sampai dengan Dinas Kota/Kabupaten, merumuskan program-program, memecahkan masalah, agar menjadikan Provinsi Sulawesi Selatan lebih baik lagi.

Area sekitar Waduk Tunggu Pampang telah ditanami sebanyak 1000 pohon, terdiri dari pohon Ketapang Kencana sebanyak 220, pohon Mahoni 100, pohon Bitti 100, pohon Jati Putih 125, pohon Sengon 125, pohon Trambesi 125, 10 pohon Cempaka, dan 100 pohon Mangga. (SISDA)

Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup