No announcement available or all announcement expired.
Home » BERITA BBWS-PJ » KUNJUNGAN KERJA GUBERNUR SULSEL PEMBANGUNAN BENDUNGAN PASSELORENG KAB. WAJO
image002

KUNJUNGAN KERJA GUBERNUR SULSEL PEMBANGUNAN BENDUNGAN PASSELORENG KAB. WAJO

Rabu (10/8) Gubernur provinsi Sul-sel, Syahrul Yasin Limpo beserta rombongan meninjau proyek pembangunan bendungan paselloreng yang berada di desa Arajang, Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo.

Pembangunan Bendungan Paselloreng berdiri di atas 169 km persegi dengan luas genangan waduk sebesar kurang lebih 2.500 hektar. “Volume tampungan maksimum 138 juta meter kubik. Tinggi 44,50 meter lebar 10 meter.Secara tekhnis bendungan ini nantinya akan mengairi areal persawahan seluas 7 ribu hektar.

Iskandar Rahim, PPK Pembangunan Bendungan Paselloreng, BBWS Pompengan Jeneberang mengatakan, saat ini progres telah mencapai 26 persen, sedangkan anggaran yang akan digunakan tahun ini sebesar Rp. 171 Milyar dari anggaran total sebesar Rp. 701 Milyar. Ditargetkan pembangunan bendungan paselloreng ini akan selesai pada tahun 2019.

Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru mengatakan, nantinya, ada lima kecamatan yang akan teraliri Bendungan Paselloreng, sejumlah kecamatan tersebut merupakan areal tadah hujan selama ini. Kecamatan yang dimaksud adalah, Kecamatan Gilireng, Penrang, Majauleng, Sajonging dan Keera.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, perencanaan pembangunan bendungan ini sudah lama dan menjadi perioritas pemerintah. Bendungan Paselloreng akan memberikan kemudahaan bagi masyarakat.Menurutnya, bendungan paselloreng bisa dinikmati oleh masyarakat pada tahun 2019 nanti, sehingga diharapkan dengan adanya bendungan ini maka produksi di Kabupaten Wajo bisa terus meningkat.Sulsel menargetkan produksi 30 juta ton, salah satu langkah untuk mencapai target itu adalah dengan pembangunan bendungan paselloreng ini. “Pembangunan Bendungan itu sendiri hingga saat ini tidak memiliki kendala. lahan tidak ada masalah, pak Bupati, Kepala Balai BBWS Pompengan Jeneberang, pak Dandim, pak Kapolres sangat aktif. Ini menunjukkan bahwa proyek yang selama ini ada di Sulawesi Selatan semua baik dan lancar.” Ungkap nya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Gubernur Provinsi Sul-sel, Kepala Balai BBWS Pompengan Jeneberang beserta staf, Kepala dinas PSDA Prov. Sul-sel, ketua DPRD Makassar, Walikota Kota Pare-pare, Bupati Kab. Wajo dan sejumlah pejabat lingkup pemerintah Kab Wajo. (SISDA)

Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup