Home » BERITA BBWS-PJ » Penanaman Pohon untuk Kanal Saluran Bersih dan Sehat
K800_IMG-20180322-WA0013

BBWS POMPENGAN JENEBERANG BERSAMA DINAS SDA CIPTA KARYA DAN TATA RUANG PROV. SUL SEL MEMPERINGATI HARI AIR DUNIA KE XXVI TAHUN 2018

Hujan deras yang membasahi lokasi peringatan Hari Air Dunia ini tidak menurunkan antusias para tamu undangan. Bertempat di Danau Mawang, Kabupaten Gowa, Kamis (22/3) Balai Besar wilayah Sungai Pompengan Jeneberang dan Dinas SDA Cipta karya dan Tata Ruang Prov. Sulawesi Selatan menyelenggarakan Peringatan Hari Air Dunia (HAD) ke 26 tahun 2018 dengan tema “Lestarikan Alam untuk Air”.  Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta IYL, Kepala BBWS Pompengan Jeneberang, T. Iskandar, Kepala Dinas SDA Cipta Karya dan Tata Ruang Prov. Sulawesi Selatan, Andi Darmawan Bintang.

Bupati Gowa, Adnan Purichta IYL dalam sambutannya menyampaikan ucapan rasa bangga dan apresiasi sebesar-besarnya karena dipilihnya Danau Mawang sebagai tempat pelaksanaan pencanangan peringatan Hari Air Dunia pada tahun ini. Beliau juga menyampaikan ada empat hal yang dapat kita lakukan terkait pelestarian alam dan air. pertama, melakukan sosialisasi pelestarian air dan lingkungan beserta peraturan yang menaungi agar tercipta mindset masyarakat bahwa lingkungan dan sumber daya air perlu untuk dilestarikan saat ini juga. Kedua, melakukan revitalisasi dan pemeliharaan sumber-sumber air beserta ekosistemnya melalui kegiatan gotong royong dan pengawasan bersama masyarakat. Ketiga, mengembangkan system kelembagaan pengeolaan sumber daya air melalui semangat kerja sama yang terintegrasi pada tingkat petani. Keempat, meniingkatkan partisipasi masyarakat dalam melakukan gerakan penghematan air serta melakukan pemeliharaan air.

T. Iskandar, Kepala BBWS Pompengan Jeneberang dalam sambutannya menyampaikan Pencanangan kegiatan hari air dunia di danau mawang ini menunjukan kepada kita sebuahramat tuhan yang diberikan potensi danau mawang yang luasnya sekitar 50 Ha yang berarti ada cadangan air yang dapat kita kembangkan, potensinya tanpa meninggalkan kelestarian alam dan air untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang berada di sekitar danau pada khususnya, dan masyarakat kabupaten gowa padaumumnya. Harapannya dengan diadakannya acara pencanangan hari air dunia kepedulian dan kecintaan untuk melestarikan air dan sumber-sumber air akan senantiasa tetap hadir setiap aspek kehidupan kita, bukan hanya sebatas kegiatan pada hari ini, dan peringatan pada tahun-tahun berikutnya. Oleh Karena itu, pelestarian air merupakan tugas dan tanggung jawab kita semua.

Kegiatan pencanangan Hari Air Dunia ini dirangkaikan dengan Lomba bersih saluran, di saluran gowa, saluran pampang, saluran perumnas sepanjang 4 KM, peserta dari lingkungan BBWS Pompengan Jenberang dan melibatkan masyarakat setempat dan Lomba mewarnai di SDN inpres mawang, 37 orang kedua kegiatn ini telah dilaksanakan padawaktu lalu. Rangkaian kegiatan pada puncak HAD ini, pencanangan bersih Danau Mawang, penanaman 300 pohon di Danau Mawang dan kebun Arboretum di Kawasan Bendungan Bili-bili, Penyematantan peserta asusur sungai di sungai tallo yang diikuti oleh komunitas peduli sungai, pramuka, perguruan tinggi swasta. Perlombaan Foto dengan tema “lestarikan alam untuk air”, Dan masyarakat sekitar, dan melaksanakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) pada 5 April nanti. (SISDA)

K800_had2

Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup