Home » BERITA BBWS-PJ » FASILITASI PENETAPAN RANCANGAN RENCANA PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR 4 (EMPAT) WILAYAH SUNGAI DI LINGKUNGAN BBWS POMPENGAN – JENEBERANG
WS

FASILITASI PENETAPAN RANCANGAN RENCANA PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR 4 (EMPAT) WILAYAH SUNGAI DI LINGKUNGAN BBWS POMPENGAN – JENEBERANG

Rencana Pengelolaan Sumber Daya Air merupakan salah satu unsur dalam penyusunan, peninjauan kembali, dan/atau penyempurnaan rencana tata ruang wilayah. Perencanaan pengelolaan sumber daya air disusun sesuai dengan Permen PUPR No.10/PRT/M/2015 tentang Rencana dan Rencana teknis terkait tata pengaturan Air dan tata Pengairan. Peraturan Menteri ini dimaksudkan sebagai acuan bagi Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah dalam menyusun Rencana dan Rencana Teknis Tata Pengaturan Air dan Tata Pengairan  pada setiap wilayah sungai.

  BBWS Pompengan – Jeneberang mengadakan Fasilitasi Penetapan Rancangan Rencana PSDA empat (4) Wilayah Sungai yang menjadi Wilayah kerja BBWS Pompengan Jeneberang yang diadakan pada tanggal 30 – 31 Mei 2016 bertempat di Hotel Best Western Makassar.

Dalam Sambutanya kepala BBWS Pompengan – Jeneberan yang di wakili Ir Haryono menyampaikan, Sesuai Peraturan Menteri PUPR Nomor 10/PRT/M/2015 tentang Rencana dan Rencana Teknis Tata Pengaturan Air dan Tata Pengairan, perencanaan pengelolaan sumber daya air disusun sesuai dengan prosedur dan persyaratan melalui tahapan yang ditetapkan dalam standar perencanaan yang berlaku secara nasional yang mencakup:

  1. Inventarisasi sumber daya air;
  2. Penyusunan; dan
  3. Penetapan rencana pengelolaan sumber daya air.

Tahapan di atas kemudian dijabarkan pada Lampiran II Peraturan Menteri PUPR Nomor 10/PRT/M/2015 disebutkan bahwa Penyusunan Rancangan Rencana Pengelolaan Sumber Daya Air wilayah sungai dilakukan berdasarkan pedoman yang ditetapkan oleh Menteri, dalam hal ini adalah Menteri Pekerjaan Umum dan perumahan rakyat.

Ada beberapa tahap yang telah dilaksanakan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang sebelum persiapan kegiatan Penetapan Rencana Wilayah Sungai :

  1. Penetapan Pola Pengelolaan Sumber Daya Air pada 4 Wilayah Sungai yang di sahkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat
  2. Penyusunan Rancangan Rencana 4 WS Tahap I
  3. Penyusunan Rancangan Rencana 4 WS Tahap II

Kedua tahapan (Tahap I dan II) tersebut telah melalui kajian bersama Tim Teknis di Jakarta dan Bandung

  • Pembahasan / Kajian di Tim Teknis Tahap I dan  II (dilaksanakan oleh konsultan),

telah Dilakukan perbaikan-perbaikan terhadap catatan yang telah dikaji oleh Tim Teknis untuk 4 Wilayah Sungai

Revisi dokumen Rancangan Rencana telah ditindaklanjuti dan dilakukan Penyusunan paparan teknis sesuai dengan template atau kerangka acuan dari subdit Perencanaan Wilayah Sungai

  • Rencana selanjutnya, hari ini sengaja kami mengundangn Bapak-Bapak Tim teknis bersama Anggota Tim Teknis dari TKPSDA untuk 4 Wilayah Sungai bertujuan untuk menyamakan pola pikir dan persepsi, agar pada saat pembahasan Rancangan Rencana PSDA 4  WS di Tingkat TKPSDA sudah lebih matang dan mengakomodir seluruh aspek-aspek yang menjadi bagian dari Rencana Pengelolaan SDA.

Dan saat ini BBWS PJ dalam Tahap III yaitu Penetapan Rencana Pengelolaan Sumber Daya Air  pada 4 (empat) Wilayah Sungai Yaitu :

  • Rancangan Rencana Wilayah Sungai Saddang
  • Rancangan Rencana Wilayah Sungai Jeneberang
  • Rancangan Rencana Wilayah Sungai Pompengan Larona
  • Rancangan Rencana Wilayah Sungai Walanae Cenranae

Kegiatan Penetapan Rancangan Rencana Wilayah Sungai merupakan kegiatan Wajib BBWS Pompengan Jeneberang yang bertujuan untuk mendapatkan dokumen secara menyeluruh dan terpadu antar sektor terkait dalam pengelolaan sumber daya air serta digunakan sebagai arahan serta dasar/landasan penyusunan program dan rencana kegiatan setiap sektor terkait yang meliputi antara lain Rencana Pengelolaan Bidang Konservasi Sumber Daya Air, Rencana Pengelolaan Bidang Pendayagunaan Sumber Daya Air dan Rencana Pengelolaan Bidang Pengendalian Daya Rusak Air.

Adapun tanggapan atau saran dari Tim Teknis Meliputi data – data perlu perbaikan atau ditinjau kembali, matriks grafik dan skema harus seimbang,

Acara ini dihadiri oleh Kepala Bidang,para Seksi, Kepala para SNVT Pompengan Jeneberang, Ketua TKPSDA  di WS. Jeneberang, WS. Walanae Cenranae, WS Saddang, WS. Pompengan Larona.(SISDA)

Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup