Home » BERITA BBWS-PJ » Penanaman Pohon untuk Kanal Saluran Bersih dan Sehat
image002

ANTISIPASI BANJIR MELALUI PROGRAM PEMBERSIHAN SALURAN

Menyambut datangnya musim penghujan dan sebagai program pengendalian banjir, BBWS Pompengan Jeneberang bekerja sama dengan TNI KODAM XIV/Hasanuddin Makassar melaksanakan kegiatan Pemeliharaan Rutin Kanal dan Saluran Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.
Tahap I meliputi Saluran Perumnas sepanjang 1,5 Km dan Saluran Gowa sepanjang 4,23 Km. Progres kegiatan tersebut pertanggal 7 November 2018 telah mencapai 95%. Total panjang saluran yg dipelihara 5,73 Km.
Tahap II juga telah dimulai meliputi Sungai Pampang sepanjang 6 Km dan Saluran Antang 1,3 Km. Total panjang saluran yg dipelihara 7,3 Km.
Sesuai rencana diharapkan di Tahun 2018 ini, 38,27% dari panjang keseluruhan  kanal dan saluran selesai dibersihkan.
Kedepan Tahun 2019, Pemeliharaan Rutin Kanal dan Saluran akan dilaksanakan di Saluran Pampang sepanjang 5,22 Km, Kanal Sinrijala sepanjang 2,30 Km dan Kanal Panampu sepanjang 4,30 Km. Total panjang pemeliharaan 11,82 Km ini sebesar 34,71% dari panjang keseluruhan kanal dan saluran.
Sisanya di Tahun 2020, 27,02% akan dilaksanakan di Kanal Jongaya sepanjang 9,20 Km, sehingga total pemeliharaan kanal dan saluran sepanjang 34,05 Km dapat tercapai 100%.
IMG-20181107-WA0048(1)Kepala BBWS Pompengan Jeneberang, T. Iskandar menyambangi lokasi lokasi kegiatan tahap I yakni di Saluran Perumnas dan Saluran Gowa dan lokasi tahap II yaitu Sungai Pampang (di pertemuan antara Saluran Perumnas, Saluran Gowa dan Saluran Antang).
Dalam kesempatan tersebut beliau mengatakan kondisi hujan seperti sekarang ini sangat bagus untuk melihat fungsi saluran, semoga bisa membantu masyarakat yang apabila selama ini datang musim hujan sering terdampak banjir di wilayah Kota Makassar dan Kabupaten Gowa,” Ujarnya di sela-sela kegiatan.
“Saya sekarang di lokasi Saluran Gowa, tepatnya, di Jembatan Jl. Kacong Dg. Lalang dekat patung massa memantau kondisi saluran dan air yg sudah mengalir lancar, warnanya juga sudah berubah, mudah-mudahan hujan 1 atau 2 hari kedepan, Kanal dan Saluran dapat lebih bersih terguyur air hujan mengalir ke Sungai Pampang”, tambahnya.
Kepala Pelaksana Lapangan, Mayor Agung Triwahyudi mengatakan kegiatan Pemeliharaan Rutin Kanal dan Saluran alhamdulillah dapat terlaksana lancar. Pada awalnya kanal dipenuhi dengan sampah, eceng gondok, semak belukar dan bangunan liar yg sekarang dipastikan bersih dengan baik dan optimal mengalirkan air. Lanjutnya lagi kondisi hujan seperti ini bahkan bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan pembersihan karena sampah, eceng gondok maupun kotoran lainnya di badan saluran akan terdorong aliran air dari hulu kemudian ditangkap dan dinaikkan di hilir yaitu di Sungai Pampang. Terangnya lagi lancarnya kegiatan ini krn mendapat dukungan penuh masyarakat sekitarnya sehingga kerjasama BBWS Pompengan Jeneberang, TNI Kodam XIV/Hasanuddin Makassar dan Pemerintah Daerah setempat sukses mewujudkan Kanal dan Saluran yg bersih dan optimal dalam rangka pengendalian banjir Kota Makassar dan Kab. Gowa.(SISDA)
Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup