Home » BERITA BBWS-PJ » Penanaman Pohon untuk Kanal Saluran Bersih dan Sehat
image004

Penandatanganan surat PKS PTGA Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara

Setelah melaksanakan kesepakatan penandatanganan surat Perjanjian Kerja Sama P3-TGAI TGA di Kabupaten Enrekang. Hari ini (30/8), bertempat di ruang pola kantor Bupati Toraja Utara, dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama P3-TGAI pada wilayah Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara.
Kepala BBWS Pompengan Jeneberang menyampaikan maksud dari program ini adalah untuk mendukung kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik sebagaimana termuat dalam program nawacita ketujuh melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah pedesaan. Proses pemberdayaan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan konstruksi, pengawasan, dan pengelolaan jaringan irigasi dengan melibatkan peran serta masyarakat sebagai pelaksana kegiatan.image002
Pada tahun anggaran 2018, provinsi Sulawesi Selatan mendapatkan sebanyak 238 titik lokasi penerima P3-TGAI tersebar di 15 wilayah Kabupaten/Kota. dari 238 lokasi penerima, sebanyak 213 lokasi penerima sudah dilaksanakan MoU. Pada hari ini akan dilaksanakan penandatanganan Kerja Sama sebanyak 12 penerima lokasi, 11 lokasi berada di Kabupaten Toraja Utara dan 1 lokasi berada di Tana Toraja.
Kegiatan ini merupakan kegiatan yg sangat membantu bagi masyarakat. “di setiap lokasi nanti dicari, kira-kira perbaikan atau rehabilitasi saluran. Sehingga saluran tersebut nantinya dapat memberikan manfaat didalam pelayanan sawah untuk irigasi terhadap lahan-lahan pertanian yang di Kabupaten Toraja Utara maupun Kabupaten Tana Toraja”. Ujarnya
Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten Toraja Utara, Rede Roni Bare, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala BBWS Pompengan Jeneberang yang telah memberikan dukungan penuh terhadap wilayahnya dalam program ini. Kabupaten Toraja Utara dilihat dari Topografinya yang berada pada wilayah pegununungan, membutuhkan program irigasi kecil seperti ini, sehingga program seperti ini sangat dibutuhkan masyarakat sebagai penerima manfaat.
Program ini bersifat pemberdayaan yang dikelola dan dimanfaatkan langsung oleh masyarakat, untuk itu diharapkan kelompok tani penerima P3-TGAI ini dapat mengelola, dan menjaga kualitas baik administrasi dan pekerjaan fisik.
Harapannya, pada tahun anggaran 2019, Kabupaten Toraja Utara mendapatkan lebih banyak lagi lokasi penerima P3-TGAI agar produktivitas sektor pertanian dapat lebih meningkat.
Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan surat Perjanjian Kerja dan Pakta Integritas antara PPK Pendayagunaan Tata Guna Air dan Kelompok P3A, disaksikan langsung oleh Sekda Kabupaten Toraja Utara, Rede Roni Bare, Kepala BBWS Pompengan Jeneberang, T. Iskandar, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Toraja Utara, Aris Mantong, dan para SKPD kabupaten Toraja Utara, dan Kabupaten Tana Toraja.(SISDA)
Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup