Home » BERITA BBWS-PJ » Penanaman Pohon untuk Kanal Saluran Bersih dan Sehat
image002

pelaksanaan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan dirangkaikan dengan peringatan Hari Bhakti PUPR yang ke -71

Dalam rangka pelaksanaan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan dirangkaikan dengan peringatan Hari Bhakti PUPR yang ke -71. Kementerian  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan aksi penanaman pohon dengan tema “Penyelamatan Tanah, Hutan, dan Air”. Kegiatan ini dilakukan secara serentak di 34 provinsi di Indonesia. Salah satunya adalah yang dilakukan BBWS Pompengan Jeneberang dan Dinas PSDA Prov. Sulawesi Selatan. bertempat di Bendung Bissua, Kab. Takalar. Kamis (30/11).

Kegiatan ini merupakan aksi nyata Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) untuk menanam pohon di semua lokus, sejalan dengan pencanangan Gerakan G-1000 (Gerakan Menanam Seribu Titik) yang telah dicanangkan oleh Bapak Gubernur Prov. Sulawesi Selatan.

Menteri PUPR dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekretaris Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, bapak Panani Kesai menyampaikan Indonesia merupakan Negara yang memiliki potensi air yang besar dengan total 3.900 km3, potensi air tertinggi berada di pulau Kalimantan dan terendah di pulau nusa tenggara. Pada hari ini kita melakukan secara serentak gerakan penanaman pohon yang merupakan salah satu aksi kongkrit dan upaya nyata di 34 provinsi untuk memulihkan kondisi daerah aliran sungai sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk lebih aktif menanam pohon dan merawatnya.

“Penanaman pohon juga akan meningkatkan luasan dan kualitas ruang terbuka hijau sebagai fungsi esensial, ekologis, dan ruang kehidupan yang lebih berkualitas. Penanaman pohon dapat pula meningkatkan infrastruktur hijau kita bukan sekedar sebagai obyek fisik, melainkan juga menjadi tempat wisata dan pengembangan sosial ekonomi masyarakat yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.” Ujarnya.

Kepala BBWS Pompengan Jeneberang dalam wawancaranya menjelaskan gerakan aksi penanaman pohon ini merupakan aksi nyata GN-KPA, di Prov. Sulawesi Selatan pada saat bersamaan ditanam sebanyak 2 ribu pohon yang tersebar di beberapa titik. Jenis bibit pohon yang ditanam diantaranya, Mangga, rambutan, durian, dan sebagaimya. sedangkain disini kita menanam 50 pohon. Semua stakeholder ikut menanam pohon pada hari ini, diantaranya Dinas Pertanian, Dinas PSDA, Dinas Kehutanan, BBPJN 13, Balai Konstruksi, Komunitas Pecinta Alam (KPA). BBWS Pompengan Jeneberang sendiri akan menanam pohon sebanyak 48 ribu pohon di 48 titik yang tersebar,  direncanakan Desember ini akan selesai. Diharapkan masyarakat ikut berpartisipasi, ikut menanam dalam kegiatan ini.(SISDA)

Berikan tanggapan Anda tentang website ini!

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Berikan Tanggapan Anda:
 Baik Sekali Baik Kurang Kurang Sekali Buruk

Handphone

Pesan Anda

Tutup